Selamat datang di Kawasan Penyair Nusantara Kalimantan Selatan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Jumat, 28 Desember 2007

H.Jauhari Effendi ( Tanjung - Tabalong )

H.Jauhari Effendi

( H.Indi )


Haji Indi , itulah panggilan akrabnya, dari Drs H Jauhari Effendi, MM. Pria dengan suara yang lantang setiap baca puisi ini adalah kesehariannya sebagai Kepala SMAN 3 Tanjung Tabalong. Dilahirkan di Desa Duyun Kecamatan Haruai tepatnya tanggal 6 Oktober 1960 hari kamis siang sekitar pukul 10.00, memiliki hobby baca dan tulis puisi bahkan cerpen yang kesemuanya terbukukan dalam berbagai antologi, juga ada pada buku Jembatan, Duri-duri Tataba, dan Semata Wayang Semata Sayang, dan buku antologi terakhir yang dibukukan oleh Jejaring satra Pahuluan berjudul Ronce Bunga- Bunga Mekar.

Kini ia menjadi kepala sekolah SMAN 3 Tanjung dan kini berbagai even seni ia ikuti. Hobbynya sastra dan musik tradisi. Ia memiliki putra tiga orang yang kini duduk di bangku kuliah anak puteri bernama Amelia Harianti yang pertama dan anak kedua puteri pula bernama Arsyimelati di SMAN I Tanjung, yang terakhir putranya bernama Alwildanielmalikurrahman sekolah di SDN Tanjung 8. Isterinya Hj. Rakhmawati,SPd. yang setia mendampinginya adalah seorang guru SLTP mengajar di SMPN 2 Tanjung.

Dalam kegiatan sehari-hari ia adalah orang yang kreatif. Pak Haji ini aktif di kegiatan pramuka dan kepemudaan. Dalam kumpulan puisi ini ia tidak ketinggalan.


WAYANG


Bergerak dalam gegap gempita sang dalang

Kita perlu membuat rencana

Semakin malam larut dalam nyanyian

Lagu gendang dan rampak berdesir

Gong dan sarun

Menghentak

Menyusup sukma

Lelah menunggu harapan

Langit terus memayungi hari

Kesedihan tak terkira kala hilang keluarga tak berbekas

Tertimbun longsor dan penderitaan

Bencana adalah wayang kehidupan

Karena arah mata angin berubah-rubah

Hiduppun jadi berakhir

Susah dan sengsara

Wayang dan dan dalang

Berharap dalam permainan memabukan

Semua bergerak dan sirna

Tak ingat apa-apa lagi

Tanjung, 20 januari 2006

Tidak ada komentar: